Friday, November 17Keris Semar ll Rahasia Pesugihan dan Pengasihan Paling Legendaris

Mengenal Istilah Makhluk Halus, Jin, Danyang, Genderuwo, Peri, Dan Tuyul

makhluk halus Mengenal Istilah Makhluk Halus, Jin, Danyang, Genderuwo, Peri, Dan Tuyul – Dunia Makhluk Halus tak ubahnya seperti dunia manusia. Makhluk Halus  terdiri atas berbagai golongan, dan suku bangsa. Secara umum, semua makhluk yang bersifat nonfisik dinamakan makhluk halus. Bahkan Malaikat juga dapat dikatakan sebagai makhluk halus.

Apabila dikelompokkan secara garis besar, makhluk halus tersebut dapat dibedakan menjadi 3 macam. Yaitu: Malaikat, Iblis, dan Jin. Malaikat yaitu makluk halus yang selalu patuh kepada Allah. Dan Iblis justru sebaliknya, selalu tidak patuh kepada Allah. Sedangkan Jin adalah makhluk halus yang sebagian ada yang patuh, sebagiannya lagi termasuk golongan kafir. Seperti halnya dengan  manusia, ada yang taqwa, ada yang setengah taqwa, dan bahkan ada yang kafir.

Apa itu Danyang, Genderuwo, Peri, dan Tuyul?

Danyang: Masyarakat Jawa percaya bahwa di dunia ini juga dihuni makhluk halus yang mempunyai sistem pemerintahan seperti pada alam manusia. Di sana juga dikenal pembagian wilayah dan peradaban. Danyang merupakan “dedengkot” jin yang berkuasa atas wilayah tertentu, misalnya Nyai Roro Kidul adalah makhluk halus yang berkuasa di Laut Selatan. Menurut penuturan kaum “sidik permana” (orang yang dapat melihat alam gaib), dunia perdanyangan di Indonesia ini berpusat di Gunung Lawu, rajanya bemama Sunan Lawu. Danyang merupakan golongan jin yang baik, setiap tanggal 1 Suro masyarakat mereka berkumpul di Gunung Lawu untuk mengadakan upacara ritual memohon keselamatan kepada Tuhan.


Baca Juga:


Genderuwo: Genderuwo adalah jenis jin yang di kalangan masyarakat Jawa dikenal sebagai “hantu hidung belang”. Disebut demikian karena kegemarannya menggoda perempuan, terutama ibu-ibu rumah tangga yang kesepian. Untuk mewujudkan keinginannya (menggoda wanita bangsa manusia), genderuwo biasanya merubah dirinya menjadi mirip seseorang, seperti laki-laki atau wanita yang dicintainya atau merubah dirinya menjadi lelaki yang sangat tampan bahkan wanita cantik.

Apa itu Peri: Peri dalam cerita-cerita fiksi adalah makhluk halus, dimana peri ini dilukiskan atau digambarkan sebagai bidadari. Kecantikan peri betul-betul tulen. Peri memilih tempat tinggal yang jauh dari keramaian manusia, misalnya di tengah hutan belantara. Peri juga sering jatuh cinta kepada manusia.

Tuyul: Tuyul adalah jenis jin yang bentuknya, jenis kelaminnya laki-laki dan perempuan. Ukuran tubuhnya antara 50 – 80 centimeter, kepalanya gundul, kulitnya coklat kemerahan seperti wama kulit balita. Dibandingkan dengan jenis-jenis hantu/ jin lainnya, tuyul termasuk makhluk halus yang jinak. Mereka sering dipelihara manusia (dengan upah tertentu), tujuannya untuk mencuri barang, uang, atau surat-surat berharga lainnya atau sering disebut pesugihan tuyul.

386 total views, 4 views today

Baca Juga:

error: Content is protected !!