Wednesday, July 26Keris Semar ll Rahasia Pesugihan dan Pengasihan Paling Legendaris

Kisah Keris & Aspek Metafisis

Kisah KerisKisah Keris & Aspek Metafisis – Keris bukan sekedar sebuah karya cipta yang terdiri dari penyatu paduan 3 jenis logam, besi, baja dan pamor. Melainkan juga dianggap memiliki ‘isi‘ yang justru menjadi aspek Metafisis yang menjadikannya punya kelebihan tertentu dibandingkan senjata tajam lainnya.

Terlepas dari semua unsur ‘kepercayaan individual’ apalagi yang menjurus kepada ‘tahayul’ yang sesungguhnya tak patut ditujukan terhadap Keris. Apalagi keris merupakan sebagai karya cipta yang tergolong canggih, jika diukur tehnik pembuatannya pada zaman para Mpu waktu itu. Memang cukup banyak fakta yang dialami para pecinta Keris mengenai nilai-nilai metafisis tersebut.

Pada kenyataannya, bahwa tosan aji itu dapat menjadi milik seseorang lewat berbagai proses. Ada yang memperoleh Keris, Tombak & Tosan Aji berdasar warisan orangtua atau keluarga. Namun adapula yang mendapatkannya dari pemberian sahabat, atasan dan lain sebagainya.

Di samping itu adapula yang memilikinya dengan cara serah terima melalui proses penukaran dengan maskawin atau sejumlah uang atau secara barter dengan benda berharga lainnya.


Baca Juga:


Dalam buku-buku perkerisan disebutkan, bahwa memiliki Keris dan Tosan aji yang diwariskan tujuannya sangat jelas, yakni: sebagai kenangan (atau sebagai pusaka), yang nilai historisnya sangat tinggi & patut dimuliakan atau dijaga.

Terutama Keris pusaka yang sudah turun-temurun menjadi milik keluarga keraton (baik di Jawa. Bali & warisan kerajaan di seluruh Nusantara lainnya).

Adapula Keris yang bertahtakan logam & benda mulia lainnya (Kinatah Emas, Intan, Batu Mulia lainnya), sebagai anugerah dari Keraton kepada seseorang atas jasa-jasanya terhadap Raja , Kebudayaan maupun Kemanusiaan.

Dalam hal-hal tersebut justru nilai metafisis, yang tak kasat mata menjadi lebih berharga daripada ‘harga nominal’ materi asal pembuatan Keris tadi. Nilai metafisis tersebut antara lain adalah, bahwa para Mpu membuat Keris dengan suatu doa, yang dipanjatkannya kepada Tuhan Sang Maha Pencipta, agar supaya berkah keselamatan & kesejahteraan serta kebahagiaan senantiasa dikaruniakan Tuhan kepada siapapun yang mampu menghargai, merawat dan menjaga keutuhan , kebersihan maupun kelestarian Keris atau Tosan aji lain yang disimpannya.

31 total views, 1 views today


error: Content is protected !!